Tips dan Trik Memilih Sepeda Jenis Road Bike


Road Bike lebih akrab dikenal dengan sepeda balap, dengan bentuknya yang khas dan fungsinya lebih untuk medan jalan aspal (road). Road Bike jika telah mengalami modifikasi bisa digunakan untuk medan non aspal (lebih dikenal dengan cyclocross).

Pertanyaannya, bagaimana memilih Road Bike? Hal pertama yang paling mendasar menjawab pertanyaan tersebut adalah cost (dana) yang akan kita gunakan, dan yang kedua adalah fungsi sepeda tersebut.
Jika kedua pertanyaan tersebut sudah bisa kita perkirakan, selanjutnya adalah memilih frame atau rangka Road Bike, kenapa frame begitu penting dalam pemilihan sepeda jenis ini, karena frame (rangka) sepeda merupakan bagian pokok sepeda kita (The Heart of Bike). Pemilihan frame yang salah akan berakibat fatal untuk kenyamanan dalam bersepeda.
Seiring dengan perkembangan teknologi dalam pembuatan bahan dasar frame (rangka) sepeda, dipasaran banyak sekali beredar sepeda dengan bahan dasar frame berupa Carbon (High-Tensile) Steel, Chromoly (Chrome Molybdenum) Steel, Alloy (Allumunium), Carbon Fiber dan Titanium.
Untuk Frame dengan bahan dasar besi (Carbon Stell) dan Chromoly sekarang sudah banyak ditinggalkan karena selain berat, bahan ini tidak tahan terhadap karat (korosi). Meski sudah lama ditinggalkan, frame besi ini masih banyak kita temui karena harganya yang cukup murah dan banyak diburu kolektor sepeda.
Untuk frame Alloy atau yang lebih kita kenal sebagai Allumunium merupakan jenis frame yang paling banyak dijadikan pilihan karena beratnya yang ringan dan tahan terhadap korosi, frame dengan bahan dasar jenis ini merupakan pilihan untuk pemula (Basic Level Bikes).
Untuk frame Carbon Fiber banyak digunakan Road Bike untuk jenis Mid Level (menengah), frame ini banyak kita temui dipasaran karena harganya yang tidak terlalu mahal.
Titanium Frame merupakan top level (atas), biasa digunakan untuk pembalap sepeda profesional, berat frame bisa mencapai hanya 700 gram.
Diskripsi diatas merupakan gambaran awal tentang bahan dasar frame, sedangkan berikut ini adalah gambaran detail untuk masing-masing jenis frame Road Bike.
Carbon (High-Tensile) Steel (Besi)
Material yang paling banyak digunakan di frame sepeda yang banyak kita jumpai, keunggulan frame dengan jenis ini kuat tidak mudah patah karena terbuat dari besi, sedangkan kelemahannya lebih berat dan mudah korosi (karat). Road Bike jika menggunakan jenis ini, pastilah berat frame menjadi bertambah akan tetapi sangat kuat untuk anda yang menggemari endurance (kekuatan).
Chromoly Frame
Chromoly (Chrome Molybdenum)
Lebih ringan dibandingkan dengan High Tensile Steel, karena sudah merupakan campuran antara besi dan carbon, frame ini lebih dikenal dengan Chromoly Frame. Frame Road Bike jenis ini masuk kategori Basic Level Bikes (pemula), harganya termasuk murah dan tahan lama, dan lebih tahan terhadap karat dibandingkan Full Steel (besi).
Alloy (Allumunium)
Alloy Frame (Polygon Road Bike Helios 300)
Inilah frame dengan bahan dasar paling banyak digemari. Selain harganya yang murah, kualitas frame alloy lebih ringan dibanding steel atau chromoly, Road Bike banyak mengaplikasi frame ini. Frame ini termasuk dalam kategori Mid Level (menengah), sudah layak untuk anda yang serius ingin menekuni olahraga Road Bike (balap sepeda). Banyak pabrikan sepeda mengkombinasi dengan carbon untuk komponen fork (supensi) depan dan seatpost (dudukan sadle).
Carbon Fiber
Carbon Frame (Specialized Tarmac SL)
Termasuk frame kategori Top Level, karena frame ini dibuat dengan teliti tiap sambungan antar main tube, side tube dan top tube yang nyaris tidak terlihat. Kelemahan frame dengan bahan dasar ini tidak sekuat alloy, sehingga sangat rapuh jika jatuh, pada kondisi ekstrim bisa patah. Banyak pabrikan telah menerapkan teknologi “monocoque construction”, yaitu dengan frame dibuat dengan cara di cor.
Pembalap sepeda profesional banyak yang menggunakan frame jenis ini, berat yang sangat ringan menjadi kelebihan frame Carbon Fiber.
Layak dijadikan pilihan bagi anda yang mempunyai dana berlebih, sebanding keuntungan dan kenyamanan memakai Road Bike jenis ini.
Titanium Frame
Titanium Frame (Cervelo Road Bike)
Frame dengan bahan dasar Titanium sangat ringan, produsen sepeda balap (Road Bike) Italia banyak yang mengaplikasi frame dengan bahan dasar Titanium yang harganya tergolong sangat mahal. Bagi anda yang ingin mencoba menjadi pembalap profesional, frame Road Bike jenis ini layak diperhitungkan.
Diskripsi bahan dasar frame sepeda diatas bisa dijadikan gambaran awal untuk memilih Road Bike yang kita sukai, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan cost (biaya).
Setelah pemilihan frame yang sesuai terpenuhi, barulah kita melihat komponen apakah yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Road Bike kita. Komponen pada dasarnya dibagi dalam 2 bagian, yaitu groups set dan wheelset.
Groups Set terdiri dari FD, RD, Shifter, BB, CrankSet, Brakes, Sproket dan sebagainya. Sedangkan wheelset adalah komponen roda, terdiri dari rims (velg), HUB, ban (tire), dan sebagainya.
Sesuaikanlah ukuran frame dengan tinggi badan kita, rata-rata orang indonesia menggunakan ukuran X, XS, S, M, ML dan L, pemilihan ukuran frame sangat berpengaruh pada kenyamanan saat bersepeda dengan Road Bike. Kita dapat menggunakan Bike Fit untuk menentukan ukuran frame yang sesuai dengan diri kita.
Bawalah hasil ukuran tersebut ke toko sepeda langganan kita, dan pilihlah ukuran frame yang sesuai. Selain kenyamanan, pemilihan ukuran frame yang tepat dapat menghindari cidera. Tentukan apakah kita akan merakit atau membeli full bike (sesuaikan dengan keuangan kita).
Sumber :
Zona Sepeda

Incoming search terms

Stats

free counters